Misteri Friday the 13th

Misteri Friday the 13th



Momen langka berlangsung th. ini. Ada tiga hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13. Satu diantaranya Jumat (13/2). Orang dianjurkan untuk hati-hati lantaran masih tetap ada dua Jumat lagi yang bertepatan dengan tanggal 13. Ada apa?

Jumat yang jatuh pada tanggal 13 selanjutnya bakal berlangsung pada Mei serta November yang akan datang. Pakar matematika Thomas Fernsler menyampaikan, momen tiga kali Jumat bertepatan dengan tanggal 13 dalam setahun, cuma berlangsung dalam 11 th. sekali. Fernsler adalah ahli matematika dari Kampus Delaware yang pelajari angka 13 kian lebih 20 th..

Berdasar pada penelitiannya, banyak kenyataan yang terkait dengan angka 13. Suatu kapal Inggris yang dinamakan Friday the 13th, berlayar pada Jumat tanggal 13. Kapal ini lalu tidak di ketahui lagi berita rimbanya. Momen jelek terkait dengan angka 13 juga menerpa Apollo 13 yang di luncurkan 11 April 1970 jam 13 : 13. Peluncuran bukanlah tanggal 13, namun penjumlahan angka tanggal itu yaitu 13 (1 + 1 + 4 + 7 + 0). Pesawat itu alami ledakan di angkasa pada 13 April. Namun awaknya sukses kembali ke bumi. Rumah sakit umumnya juga tak mempunyai kamar nomer 13. Begitupun gedung tinggi juga tak mempunyai lantai 13.

Takut pada Jumat tanggal 13 adalah mitologi paling popular di keilmuwanan. Ketakutan atau fobia itu dimaksud friggatriskaidekaphobia. Sesaat fobia pada angka 13 dimaksud triskaidekaphobia.

Beberapa orang jahat juga dikaitkan dengan angka 13. Butch Cassidy, perampok kereta serta bank populer di AS, lahir pada Jumat, 13 April 1866. Sesaat Fidel Castro lahir pada Jumat, 13 Agustus 1926. Presiden AS Franklin D Roosevelt yaitu politikus kelas atas yang yakin dengan mitos angka 13 membawa sial. Dia akan tidak lakukan perjalanan pada tanggal 13 di tiap-tiap bln. serta akan tidak menjamu tamu sejumlah 13. Napoleon serta Herbert Hoover juga menanggung derita triskaidekaphobic serta mempunyai tingkah laku abnormal pada angka 13. Sesaat Woodrow Wilson yaitu demikian sebaliknya. Dia berasumsi angka 13 juga sebagai keberuntungan, namun faktaya malah demikian sebaliknya. Dia tiba di Normandy, Prancis pada 13 Desember 1918 untuk perbincangan damai. Namun kesepakatan itu tidak berhasil lantaran nyatanya Kongres tak sepakat.

Lantas darimana tahayul itu nampak? Ilmuwan belum ada yang berani menyebutkan awal kehadirannya. Namun kemungkinan nampak dikaitkan dengan 13 tamu pada perjamuan paling akhir Yesus. Kemudian, di saat pertengahan hari Jumat serta angka 13 dikira juga sebagai membawa sial. Keyakinan pada angka itu mempunyai histori panjang. Keyakinan seperti itu dimaksud dengan numerologi. Awal mulanya numerologi juga sebagai cabang pengetahuan yang disegani. Namun di zaman moderen, numerologi jadi separuh pengetahuan yang kebenarannya diragukan, sejenis ramalan astrologi. “Orang dengan cara sadar yakin pada nomer spesifik, lantaran mereka ketahui mereka perlu pengalaman baru dan atribut yang diasumsikan dengan mereka”, kata pakar numerologi, Sonia Ducie. “Numerologi dapat di terima akal serta terkait dengan kehidupan seorang menyangkut kesehatan, karier serta jodoh”, tegasnya. Namun pakar matematika menampik numerologi bisa dipertanggungjawabkan dengan cara ilmiah. “Saya tak mensupport sama sekali”, kata Livio. Dia juga mengganggap angka sejenis 06/06/06 tak ada maknanya. Dia menyampaikan kejadiaan tidak berniat seperti itu selalu berjalan serta tak ada arti spesial.

Jadi... Anda yakin angka 13 serta hari Jumat membawa nasib jelek atau tak?

wdcfawqafwef